Kamis, 07 Agustus 2025, Sebagai bentuk lanjutan pengabdian dalam bidang pendidikan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung melaksanakan kegiatan mengajar rutin setiap hari di TK Arruhama, Desa Sukadanaham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung. Kegiatan ini menjadi bagian dari program kerja KKN dalam mendukung pembentukan karakter dan stimulasi pendidikan anak usia dini di wilayah lokasi pengabdian.
Program ini disusun berdasarkan hasil observasi awal mahasiswa KKN yang melihat pentingnya dukungan eksternal terhadap proses pembelajaran di tingkat taman kanak-kanak. TK Arruhama menjadi salah satu mitra yang terbuka dan aktif dalam menerima kehadiran mahasiswa sebagai tenaga bantu edukatif.


mahasiswa hadir untuk memberikan pengajaran yang mencakup kegiatan motorik, pengenalan huruf dan angka, membaca doa sehari-hari, serta menyisipkan nilai-nilai sosial seperti sopan santun, tolong-menolong, dan cinta lingkungan. Metode yang digunakan pun beragam, mulai dari menyanyi, mendongeng, mewarnai, bermain peran, hingga permainan edukatif yang merangsang perkembangan kognitif dan emosional anak.
“Anak-anak terlihat sangat antusias setiap kali kami datang. Mereka mulai hafal dan dekat secara emosional dengan kami. Ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami untuk terus hadir dan memberikan energi positif kepada mereka,” ungkap salah satu mahasiswa yang terlibat sebagai pengajar.
Pihak TK Arruhama pun menyambut baik inisiatif ini. Menurut keterangan kepala sekolah, kehadiran mahasiswa KKN telah membantu memperkaya suasana belajar dan memberikan warna baru dalam metode pembelajaran yang lebih kreatif dan komunikatif. Selain itu, guru-guru pun merasa terbantu karena kegiatan berjalan lebih lancar dengan dukungan tenaga tambahan dari mahasiswa.
Kegiatan ini juga menjadi wadah pembelajaran bagi mahasiswa, terutama dalam hal komunikasi anak, psikologi pendidikan, serta adaptasi metode mengajar yang sesuai dengan karakter siswa usia dini. Tidak hanya itu, kehadiran mahasiswa juga memperkuat relasi antara institusi pendidikan lokal dengan pihak universitas.
Kegiatan mengajar di TK Arruhama akan terus dikembangkan dengan pendekatan yang variatif, seperti menghadirkan kegiatan luar ruangan, dongeng tematik, dan pembelajaran interaktif berbasis media visual. Harapannya, kontribusi mahasiswa KKN ini dapat memberikan kesan mendalam dan bermanfaat, baik bagi anak-anak TK Arruhama maupun bagi para mahasiswa sendiri sebagai calon pendidik dan agen perubahan sosial.